Sabtu, 27 November 2021

Jurnal Minggu Ke-12

 Model Papan Cerita


14 November 2021

Mendaftar Bimtek Merdeka Belajar dan Bimtek Numerasi dan Literasi di SIMPK. Hal ini saya lakukan secara sadar dan mandiri untuk mengembangkan kemampuan dan belajar tentang hal baru.


11-12 November 2021
Eksplorasi Konsep- Pembelajaran Modul 2.2
Disini kami disuguhkan 14 topik untuk dipelajari. Dimulai dari Pendahuluan hingga PSE Berbasis Kesadaran Penuh untuk mewujudkan Kesejahteraan hidup. Seluruh materi penting karena saya dapat memahami petingnya konsep Mindfulness bukan hanya untuk profesi saya sebagai guru, tetapi juga untuk meningkatkan penguasaan dan pengelolaan diri sebagai individu. Kami juga dikenalkan dengan Kompetensi Sosial Emosional yang dilibatkan dalam pembelajaran.


15-16 November 2021

Kami memperdalam konsep tentang KSE dan Mindfulness melalui studi kasus. Ada 5 cerita tentang seorang tokoh bernama Pak Eling yang digambarkan menghadapi beragam kegiatan dalam satu waktu yang pada akhirnya mengurangi produktivitasnya. Melalui studi kasus ini, kami belajar menerapkan teori yang kami peroleh sebelumnya dalam Eksplorasi Konsep. Melakukan kegiatan ini, saya seperti berefleksi, karena seperti Pak Eling, terkadang saya pun bukan pengendali emosi yang baik dan terkadang keputusan yang saya ambil pun belum bijaksana.

17 November 2021

Ruang Kolaborasi Sesi Diskusi

Dalam Ruang Kolaborasi pada modul ini, kelas kami dipecah menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok TK, SD, SMP dan SMA. Tetapi karena kelompok SMA hanya terdiri dari 1 CGP, maka karena saya merupakan guru kelas 9, saya ikut dalam kelompok SMA. Disini kami mendiskusikan apa yang sudah dan akan kami lakukan untuk menerapkan KSE dalam pembelajaran.


18 November 2021

Ruang Kolaborasi Sesi Presentasi

Kali ini kami mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan untuk kali ini kami mendapat giliran malam hari. Pukul 19.00 kegiatan dimulai melalui Room Gmeet. Partner saya adalah Frida Magdalena dari SMA Swadhipa Natar. Yang saya rasakan, saya menjadi lebih kaya ilmu karena mendapat partner dari jenjang berbeda. Pengaplikasian KSE ada kesamaan, namun dengan kemasan yang berbeda. Misalnya saja Konsultasi Karir di SMP lebih untuk mengarahkan siswa ke jenjang SMA atau sederajat, sementara untuk SMA lebih pada pengambilan jurusan dalam perkuliahan atau pekerjaan.


19 November 2021
Refleksi Terbimbing
Dalam bagian ini, kami diminta mengisi survey mengenai apa yang penting, apa yang menarik dan apa yang akan kami praktekkan setelah kami mempelajari modul 2.2 ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik