Sabtu, 04 Desember 2021

Jurnal Minggu ke-13


 22-23 November

Demonstrasi Kontekstual

Dalam kegiatan ini kami diminta untuk membuat suatu RPP yang menunjukkan diferensiasi baik itu diferensiasi kontek, proses ataupun produk serta menyertakan pendidikan sosial emosional di dalamnya. Materi yang saya pilih adalah Teks Naratif dengan diferensiasi konten dan proses serta menyertakan Kompetensi Penguasaan diri, Pengeloon diri, Kesadaran Sosial, keterampilan berelasi dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab. Yang saya rasakan dalam kegiatan ini adalah tertantang, karena dalam situasi PTM kami hanya memiliki waktu dan siswa terbatas sementara kegiatan yang akan saya lakukan banyak dan mengharapkan partisipasi aktif siswa. Harapan saya, RPP ini akan membantu saya untuk dapat memanajemen waktu dan kegiatan, sehingga tujuan pembelajaran yang ingin saya capai dapat terwujud.


24 November 2021

Elaborasi Pemahaman (sesi Instruktur)

Kami berdiskusi tentang materi Pembelajaran Sosial Emosional lebih dalam dengan instruktur Ibu Purnamasari Pelupessy. Dalam sesi ini kami diberi paparan lebih dalam tentang materi yang sedang kami pelajari dan menanyakan tentang hambatan yang kami hadapi di sekolah masing-masing. Saya berharap, sesi ini dapat membantu dan menguatkan saya supaya dapat mengaplikasikan Pembelajaran Sosial Emosional secara konsisten untuk mewujudkan konsep Merdeka Belajar.


25 November 2021

Koneksi Antar Materi

Dalam kegiatan ini, kami menghubungkan materi-materi yang sudah kami pelajari dari modul 1.1 hingga modul 2.2. Saya memilih untuk menyajikan dalam bentuk infografis karena saya belum pernah menggunakan media ini sebelumnya. Yang saya rasakan adalah saya senang karena mempelajari media baru dan kegiatan ini menyegarkan kembali memori saya tentang materi yang sudah kami lewati sebelumnya. Saya harap apa yang saya lakukan dalam kegiatan ini dapat menguatkan konsep saya tentang bagaimana mengaplikasikan merdeka belajar yang sesungguhnya.


26- 29 November 2021

Aksi Nyata Modul 2.2

Disini kami diminta untuk merekam sesi pembelajaran yang melibatkan diferensiasi dan kompetensi sosial emosional dalam waktu 15 sampai 20 menit dan mengunggahnya ke LMS. Siswa yang saya libatkan dari kelas 9-D. Latar belakang siswa beragam. Yang saya rasakan adalah saya senang karena melihat siswa saya antusiasi, terutama saat sesi bermain berkelompok. Masih ada hal yang harus diperbaiki, yaitu rasa percaya diri siswa saya saat sesi presentasi, mungkin dikarenakan mereka harus beradaptasi lagi setelah selama ini belajar melalui metode daring. Dalam pembelajaran ini saya mengaplikasikan teknologi sebagai media bantu. Dalam pembelajaran ini, saya menemui hambatan karena terkadang siswa saya mengalami gangguan jaringan dan WIFI sekolah tidak mencapai spot kelas saya. Dalam mengatasi masalah ini, saya mempersilakan siswa untuk menggunakan hotspot pribadi saya. Saya harap, ke depannya siswa saya dapat lebih mandiri dan percaya diri serta lebih terlibat secara aktif dalam pembelajaran.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik