Selasa, 22 Februari 2022

Jurnal CGP Angkatan 3 Minggu Ke-18


 7-8 Februari 2022

Eksplorasi Konsep Mandiri


Dalam kegiatan ini, kami diharapkan dapat mengidentifikasi dan menganalisis prinsip-prinsip etika yang berdasarkan pada nilai-nilai kebajikan universal yang disepakati dalam lingkungan kerja masing-masing CGP, mengaitkan nilai-nilai tersebut dalam rangka pengambilan keputusan menghadapi dilema etika serta bersikap reflekstis, kritis dan terbuka dalam pengambilan keputusan. Disini kami disajikan beberapa video terkait dilema etika dan bujukan moral dan diminta menganalisis studi kasus tersebut. Yang saya rasa adalah, ternyata selama ini saya menghadapi banyak sekali bujukan moral dan dilema etika dalam menjalani tugas sebagai Guru. Namun saya baru memahami berbagai istilah yang terkait dengannya serta langkah apa yang harus dilakukan untuk pengambilan dan pengujian keputusan terkait dilema etika. Hambatan dalam menyelesaikan materi ini adalah banyaknya materi yang disajikan, namun hal ini terbantu dengan beberapa video menarik terkait studi kasus dilema etika dan bujukan moral. Ke depannya saya berharap dapat mempraktekkan teori yang saya dapat pada bab ini dalam kondisi riil di lapangan.

9 Februari 2022

Ruang Kolaborasi (Sesi pengerjaan)

Dalam kegiatan ini, kami dibagi menjadi empat kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 CGP lintas jenjang. Kami diminta untuk menganalisis studi kasus terkait dilema etika (dapat sesuai dengan pengalaman pribadi ataupun ditarik dari kasus dalam LMS). Kami dibagi dalam BOR kecil dan mendiskusikan kasus apa yang akan kami analisa. dan keputusan apa yang akan kami buat dalam kondisi tersebut. Kendala yang saya hadapi adalah teknis. Saya terpental dari BOR dan tidak dapat masuk kembali, sehingga saya harus mengikuti diskusi melalui WA. Semoga ke depannya kendala seperti ini dapat saya antisipasi supaya tidak menghambat kepentingan bersama.

10 Februari 2022

Ruang Kolaborasi (Sesi Presentasi)


Dalam kegiatan ini, setiap kelompok diminta untuk menyajikan hasil diskusi di hari sebelumnya. Saya masuk dalam kelompok 3 dan kasus yang kami angkat berdasarkan pengalaman nyata. Kendala yang kami alami adalah waktu. Kami melaksanakan agenda ini pukul 13.30, sementara beberapa dari kami baru sampai di rumah pada jam tersebut. Harapan saya supaya kegiatan seperti ini dapat disesuaikan dengan kegiatan CGP. 

11 Februari 2022

Refleksi Terbimbing


Pada Refleksi Terbimbing, kami dihadapkan pada beberapa pertanyaan yang harus kami refleksikan dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. Kami juga diminta untuk memikirkan kembali dilema etika yang pernah kami hadapi dan apa yang kami lakukan untuk menyelesaikannya. Hambatan saya adalah saya masih sedikit bingung dengan beberapa istilah dan langkah, seperti penyusunan Opsi Trilema yang tepat dan beberapa hal lain. Saya harap kebingungan saya ini akan terjawab pada kegiatan-kegiatan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik