Kamis, 10 Februari 2022

Jurnal Minggu Ke-17 CGP Angkatan 3 Kabupaten Lampung Selatan

Rabu, 2 Februari 2022

Pre Test Paket Modul 3


Setelah non aktif selama satu bulan, kami kembali melaksanakan kegiatan lanjutan Program Guru Penggerak. Kegiatan kami mulai dengan melaksanakan Pre Test Paket Modul 3. Ada 15 soal yang kami hadapii, 14 soal Pilihan Ganda dan 1 soal menjodohkan istilah. Dari soal yang kami hadapi, sepertinya Modul 3 terkait dengan peran seorang guru sebagai Pemimpin Pembelajaran. Waktu yang diberikan 60 menit. Kendala yang saya hadapi adalah kendala kesehatan yang kurang baik. Saya mengerjakan tes dalam kondisi demam. Tetapi saya bersyukur nilai yang saya peroleh memuaskan.

Kamis, 3 Februari 2022

Mulai Dari Diri



Kami mulai mempelajari Modul 3.1 yaitu Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Dalam kegiatan awal yaitu Mulai dari Diri, kami diminta menjabarkan makna dari kutipan kalimat Bapak Nadiem Makarim

"Beban dan amanah kepemimpinan adalah mengimbangi semua prioritas yang terpenting. Tugas saya dalam pendidikan adalah melakukan yang terbaik.  Apa yang diinginkan kadang-kadang belum tentu  itu yang terbaik. Dan untuk membuat perubahan, apalagi perubahan yang transformational, pasti ada kritik.  Sebelum mengambil keputusan, tanyakan, apakah yang kita lakukan berdampak pada peningkatan pembelajaran murid? (Nadiem Makarim, 2020)"

Setelahnya kami diminta untuk memberi komentar satu sama lain sehingga terciptalah ruang diskusi. Awalnya butuh adaptasi ulang karena sudah lama kami tidak berkegiatan seperti ini, tetapi ruang diskusi ini sangat membantu karena kami dapat bertukar pikiran dengan sesama CGP. Kegiatan selanjutnya adalah mengisi survey dimana kami diberi beberapa pertanyaan terkait studi kasus dan harapan kami setelah mempelajari Modul 3 ini.

Jumat, 4 Februari 2022
Eksplorasi Konsep Mandiri

Dalam kegiatan ini, kami belajar prinsip pengambilan keputusan dan nilai-nilai kebajikan universal. Pada akhir kegiatan, kami diminta mewawancarai salah satu rekan sejawat terkait pendapatnya tentang suatu kasus. Kami diminta untuk bertanya keputusan apa yang rekan kami buat dan lalu kami diminta untuk memberi komentar terkait keputusan rekan tersebut. Kendala yang saya hadapi adalah tidak semua rekan kerja saya bisa berkolaborasi. Namun pada akhirnya kendala ini dapat diatasi dan tugas dapat saya laksanakan tepat waktu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik