Sabtu, 30 Oktober 2021

Forum Diskusi- Eksplorasi Konsep Modul 2.1

 


Dalam bagian ini, CGP diminta menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan video dan materi bacaan. Berikut adalah penjabaran jawaban pertanyaan tersebut menurut saya.

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Pemetaan kebutuhan murid adalah hal signifikan dalam pembelajaran berdiferensiasi yang dapat dilhat melalui 3 aspek yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar. Hal ini kemudian menjadi dasar praktek diferensiasi pembelajaran di kelas. 

Strategi pembelajaran berdiferensiasi meliputi:

a. Diferensiasi Konten.

Konten merupakan apa yang akan diajarkan guru pada siswanya. Jika dilihat dari kesiapan siswa, maka dapat dilihat melalui jenis informasi yang diajarkan ( mendasar atau transformatif) dan sifat informasi yang diajarkan (abstrak dan konkret). Selain itu juga dapat dilihat dari minat siswa dan menyesuaikan dengan profil belajar siswa (auditori, visual atau kinestetik.)

b. Diferensiasi Proses

Merupakan bagaimana siswa memahami atau memaknai informasi. Apakah pembelajaran akan dilakukan secara berkelompok atau mandiri dan seberapa banyak dan kepada siapa bantuan akan diberikan. Hal ini dapat dilakaukan dengan kegiatan berjenjang, pertanyaan pemandu, membuat agenda individual, menvariasikan lama waktu untuk menyelesaikan tugas, mengembangkan kegiatan bervariasi dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel.

c. Diferensiasi Produk.

Yaitu tagihan apa yang diharapkan dari murid, yang dapat dilaksanakan dengan cara memberikan tantangan keragaman dan memberikan pilihan bagaimana mereka akan mengekspresikan pembelajaran. Walau murid diberikan pilihan, guru harus memberikan arahan apa yang diharapkan dari penugasan tersebut yang meliputi kualitas pekerjaan, konten yang wajib ada, bagaimana harus dikerjakan dan sifat akhir produk.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilaksanakan dalam lingkungan yang kondusif dimana semua anggotanya adalah pembelajar (learnng community). Peran guru luar biasa besar untuk mendukung terciptanya atmosfer positif untuk memungkinkan pembelajaran berdiferensiasi. 

Ciri lingkungan yang positif:

a. Setiap orang menyambut dan merasa disambut dengan baik

b. Setiap orang saling menghargai

c. Murid merasa aman secara fisik dan psikis

d. Ada harapan bagi pertumbuhan

e. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan

f. Keadilan dalam bentuk yang nyata

g. Guru dan murid berkolaborasi untuk kesuksesan bersama

2. Gagasan baru apa yang anda dapatkan dari video dan artikel yang anda lihat?

a. Lingkungan positif seperti apa yang memungkinkan berdiferensiasi dalam pembelajaran

b. Strategi yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pembelajaran yang berdiferensiasi

c. Penilaian formatif seperti apa yang dapat membantu

3. Apakah menurut anda yang sulit diimplementasikan? Mengapa?

a. Mewujudkan learning community, karena tidak semua pihak mau terbuka terhadap perubahan.

b. Memahami karakteristik siswa yang beragam karena jumlah kelas yang diampu banyak dan waktu yang tersedia sedikit dan banyaknya tugas yang diemban CGP.

4. Pertanyaan apakah yang masih anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

a. Bagaimana cara efektif untuk mewujudkan learning community?

b. Cara paling efektif untuk memahami karakteristik beragam siswa jika mengampu kelas yang banyak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik