Sabtu, 18 Desember 2021

Jurnal Minggu ke-15

 


6 Desember 2021- Ruang Kolaborasi sesi Pengerjaan

Dalam kegiatan ini, kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 orang. Setiap individu bertukar peran sesuai dengan studi kasus yang disediakan LMS. Kasus yang disediakan adalah: Coaching siswa yang tidak percaya diri untuk mewakili sekolah dalam lomba pidato Bahasa Inggris tingkat kabupaten, Coaching siswa yang bermasalah karena tidak ikut les privat pelajaran seorang guru dan seringkali disindir, Coaching rekan sejawat yang ditegur Pengawas sekolah karena tidak menggunakan Buku Paket saat mengajar. Dalam kasus 1, saya berperan sebagai Coachee, dalam kasus 2 saya berperan sebagai Coach dan dalam kasus ke-3 saya berperan sebagai pengamat. Kegiatan ini menyenangkan karena kami dapat bekerjasama dan bermain peran. Melalui dialog yang dibangun, kami dapat memperoleh gambaran seperti apa itu teknik Coaching. Tantangannya adalah terkadang dalam situasi nyata, Coachee tidak dengan sukarela menemui kita untuk bercerita, tidak juga terbuka saat ditanya dan seringkali terhambat menyusun rencana.


7 Desember 2021 - Ruang Kolaborasi sesi Presentasi

Kali ini kami bukan lagi berlatih teknik Coaching, tetapi sudah praktek dan wajib merekam melalui Google Meet. Agak sedikit khawatir karena jaringan kurang bagus, dan perlu waktu lama untuk menunggu supaya hasil rekaman masuk ke Google Drive. Hambatan yang dihadapi karena tidak semua anggota kelompok saya memiliki akun Belajar.id. Harapannya semoga ke depannya seluruh guru dan tendik dari jenjang apapun memiliki akun ini dan semoga setiap provinsi memiliki admin super sehingga apabila terdapat masalah, tidak perlu mengurus ke pusat.

8 Desember 2021 - Refleksi Terbimbing
Kegiatan berikutnya adalah Refleksi Terbimbing. Dalam hal ini, kami diminta untuk mengisi angket sesuai dengan Modul 2.3 yaitu Coaching. Kegiatan ini seperti renungan akan apa yang sudah kami pelajari dan lakukan sejauh ini.




9-10 Desember 2021 - Demonstrasi Kontekstual
Dalam kegiatan ini, kami diminta untuk melakukan Praktek Coaching dengan rekan sejawat di sekolah. Dalam hal ini saya mengangkat topik ditegur Kepala Sekolah karena sering terlambat. Hambatan yang saya hadapi adalah waktu. Jadwal untuk kegiatan ini bersamaan dengan persiapan Penilaian Akhir Semester di sekolah saya sehingga rekan-rekan saya lumayan sibuk. Saya harap ke depannya, penyusunan jadwal juga memperhatikan kalender akademik.


11 Desember 2021- Lokakarya 4
Dalam Lokakarya ini kami ditempatkan di Negeri Baru Resort Kalianda. Kegiatan yang kami lakukan antara lain: Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi, teknik Mindfullness dan teknik Coaching. Lokakarya selalu asyik, terlebih karena kali ini grup yang ada dalam 1 kelas kami semuanya asyik dan kolaboratif sehingga suasana akrab walau baru bertemu pertama kali. Yang kami keluhkan adalah lokasinya karena tidak terawat, kurang resik dan toilet yang tidak berfungsi. Harapan saya semoga ke depannya lokasi ini tidak lagi dipilih, karena kenyamanan juga merupakan faktor utama dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik