Sabtu, 12 Maret 2022

Jurnal CGP Minggu Ke-20

 

21 Februari 2022 - Aksi Nyata Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Dalam kegiatan ini, saya selaku guru menghadapi situasi yang disebut dilema etika. Dalam kondisi ini, saya diharuskan mengambil keputusan yang berpihak pada murid dengan melalui langkah-langkah Pengujian dan Pengambilan Keputusan. Saya merasa bingung menghadapi masalah ini karena ke dua nilai yang berbenturan merupakan benar dan benar. Namun dengan mengikuti langkah yang sudah dijabarkan di dalam LMS, saya yakin keputusan yang saya buat berpihak pada murid. Berikut adalah Aksi Nyata saya dalam Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran 


22 Februari 2022 - Mulai dari Diri Modul 3.2 yaitu Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Dalam modul ini kami akan belajar bagaimana mengelola aset yang dimiliki unit kerja masing-masing. Seperti biasa, kegiatan diawali dengan Mulai dari Diri dimana kami diminta untuk mengingat kembali faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Saya khawatir memulai modul ini. Karena modul 3 untuk saya adalah modul paling berat untuk dipahami karena sudah mencaai ranah kepemimpinan. Tapi saya harap ke depannya ilmu yang saya dapat bisa dimanfaatkan untuk kepentingan murid.

23-25 Februari 2022 - Eksplorasi Konsep
Dalam kegiatan ini ,kami disajikan materi baik berupa bacaan maupun teks. Kami juga diminta menjawab pertanyaan dan saling berkomentar atas pendapat CGP lain. Sesuai kekhawatiran saya, materi ini sulit untuk saya pahami. Saya merasa terbebani mempelajari modul ini. Semoga dengan kegiatan-kegiatan selanjutnya, kekhawatiran saya sedikit sirna dan tercerahkan.


26 Februari 2022 - Lokakarya 5
Kegiatan lokakarya kali ini agak berbeda. Biasanya kami ditempatkan di hotel atau resort, tapi kali ini lokasi kami di salah 1 sekolah di Lampung Selatan,yaitu SMA Yadika Natar. Di sekolah,bukan berarti tidak layak,karena semua fasilitas yang disediakan layak. Saya senang dengan kegiatan ini, karena dapat bertukar pikiran dan bertemu rekan CGP lain yang sudah 2 bulan tidak bertemu. Semoga semangat yang didapat sepulang dari Lokakarya merupakan bahan bakar positif untuk melanjutkan pengerjaan LMS.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contoh laporan guru piket Praktik Kinerja PMM

  SIlakan Klik